-->

Cara menjaga kampas kopling pada kendaraan matic



Cara menjaga kampas kopling, kendaraan adalah suatu benda yang dapat memindahkan atau mempermudah  urusan manusia agar cepat dan efesiensi tenaga cost dan buget , kebutuhan kendaraan khususnya motor matic memang sudah menjamur seperti kacang saja , kebanyakan dari kita untuk transportasi di perkotaan seperti jakarta dan sekitarnya memang sangat menguntungkan kenapa....?

Cara Menjaga Kampas Kopling.

karena pengoperasianya yang sangat mudah baik dari yang dewasa sampai anak -anak dari laki- laki dan perempuan semua menggunakan kendaraan ,tapi masih banyak diantara kita yang hanya menggunakan saja tanpa memperhatikan kondisi kendaraan , salah satu komponen kendaraan yang fungsinya memperhalus putaran pada motor menuju gardan adalah fungsi utama dari kopling, pada motor matic berbeda penggunanaya dari motor konfensional lainya

dimana pada kendaraan matic sisitim transmisi otomatis yang digunakan sisitim transmisi berkelanjutan bisa pula disebut sebagai Continuous Variabel Transmision ( CVT ) memiliki tiga komponen terpenting yaitu Drive pulley ( pully primer ) V-belt ( sabuk pengaman V ) Driven pulley ( pully sekunder ) mempunyai dua buah pulley yang terdapat pada CVT memmiliki penggerak mekanik berupa kopling sentrifugal yang mengatur pergerakan puly secara automatis yang didasarkan pada kecepatan putaran roda yang di hasilkan pada trikan gas

Cara Menangani masalah Kopling pada kendaraan.

pada kendaraan matic ketika mencapai jarak 5000 km maka komponen kopling akan terasa kurang nyaman dikarenakan banyaknya dekomposit atau debu yang menempel sehingga mengganggu kinerja pada kenadaraan tersebut, pada kondisi ini bisa dirasakan ketika kendaraan diam setationary ( normal ) dan ketika di pacu pada kecepatan tinggi, vibrasi akan sangat di rasakan dibagian mesin sampai merambat ke body , pada bagian pijakan depan akan sangat bergetar sampai ke setang pengemudi

beberapa tips untuk menangani kendaraan yang bermasalah pada bagian kopling berikut :

1. Periksa roller

 pada beberapa kasus roller bisa berakibat pecahnya roller di sebabkan karena roller aus , adapun tandanya kerusakan pada komponen ditandai dengan bunyi pada CVT pada bagian depan

2.Rutin mengganti oli transmisi

kondisi CVT yang baik sangat dipengaruhi pada oli transmisi yang diganti secara teratur , biasanya setandar lama penggantian oli selama satu tahu

3. Periksa v-belt

komponen satu ini memang sangat vital fungsinya karena menghubungkan pulley primer ke pulley sekunder hal ini akan sangat berbahaya apabila pada v-belt ada keausan atau kerusakan segera mungkin di ganti agar pervorma kendaraan maksimal

4.Kampas kopling

pemakaian walaupun sudah mencapai 30 km lebih ,  tidak ada salahnya agar di cek apa komponen aus atau belum agar penanganan segera mungkin
memang untuk kendaraan matick berbeda dengan motor pada umumnya , pada kendaraan matic sangat di tuntut perawatan yang khusus , diaman disarankan setelah kendaraan mencapai 10.000 km atau jangka 6 bulan harus segera di cek komponen agar dapat meminimalisir ke rusakan yang terjadi sehingga biaya tidak membengkak , kami sarankan untuk penggantian dilakukan pada bengkel terkait agar apabila ada kerusakan part bisa di tangani oleh orang yang tepat.

selalu jadi pelopor keselamatan dan patuhi rambu lalu lintas

salam aspal..


Disqus Comments