-->

Cara Mengganti Kampas Rem Belakang Mototr Bebek

Cara Mengganti Kampas Rem Belakang Mototr Bebek


Salam manis buat sahabat bikers kali ini ane mau lanjutin lagi postingan ane.... ok kmarin kan maslah ganti dispad atau rem cakram .. sekara ini ganti rem tromol silahkan menyimak

Rem atau brake adalah faktor penting dalam berkendara,maka dari itu kita harus sering mengecek kampas ren baik yang tipe cakram atau pun tipe tromol.

ok berikut adalah cara mengganti rem belakang pada motor yang bertipe tromol.

1. Siapkan alat - alatnya dulu. seperti.. Kunci 17 dan 4 ring, Tang, kunci 12, kunci 10, obeng, dan lap.
2. lepas setelan rem belakang. dengan kunci  12  biasanya
3. lepas tumpuan tromol. dengan kunci 12                                                                                         
4. lepas baut pada as sepeda motor. 17 dan 14 biasanya                                                                     
5. lepas anting/penyetel rantai. dengan kunci 10 atau 12
6. tarik as dan ban akan lepas,untuk motor honda supra,astrea grand gear belakang tidak akan ikut tercopot,tapi kebanyakan gear akan ikut lepas dan tertempel pada tromol.
7. lepaskan rem dari rumah tromol.                                                           
8. lepas kanvas rem.
9. bersihkan dudukan rem dan tromol dengan compressor atau lap. 
10. beri pelumas atau oli pada dudukan kanvas rem agar tidak macet.
11. pasangakan 2 buah  per kecil pada kanvas baru.
12. pasangkan kampas rem baru pada kedudukan tromol   
13. Pasang kebali rem ke tromol.
14. Pasang ban dan komponen lainnya kembali.
15. Stel kepekaan (kepakeman) jarak rem.


Jakarta – Masalah ganti rantai sepeda motor sebenarnya hal yang mudah untuk dilakukan sendiri. Semua orang bisa melakukan hal ini, asal punya niatan dan tahu langkah-langkahnya dan apa saja yang harus disiapkan.

Kebanyakan untuk menyelesaikan masalah ini pemilik motor langsung membawanya ke bengkel terdekat. Memang bila belum pernah melakukannya meskipun pekerjaan ini cukup mudah dilakukan namun akan terasa sulit dan ribet bila belum terbiasa.

Carmudi Indonesia akan berikan sebuah tips singkat terkait bagaimana cara mudah mengganti rantai dan mengganti gear sepeda motor. Beberapa tahapan yang harus disiapkan dan apa saja peralatan yang harus disiapkan.


Sebelumnya sebagai informasi untuk pergantian rantai itu disarankan setiap 8.000 sampai 15.000 kilometer, atau kira-kira 1,5 tahun. Hal tersebut dibenarkan oleh Suhendra Head Service Advisor Yamaha Pasar Minggu,
“Untuk pergantian rantai motor, dari pihak bengkel resmi seperti itu. 8.000 sampai 15.000 kilometer, agar saat berkendara lebih aman,”ujar Suhendra.

Langkah – Langkah Mengganti dan memasang rantai sepeda motor

1. Pertama yang harus dilakukan, cari sambungan rantai sepeda motor agar mudah melepaskan rantainya.
 Melepas Kunci Sambungan Pada Rantai/Foto/Carmudi Indonesia/Ben

2. Setelah rantai sepeda motor terlepas, hal berikutnya adalah mencopot as roda belakang sepeda motor Anda. Buka semua baut yang terhubung dengan roda belakang, agar nantinya mudah untuk mengganti gear motornya.

3. Selanjutnya setelah baut bagian belakang terlepas, silakan beralih ke bagian depan. Lepaskan cover pelindung gear bagian depannya, didalam cover tersebut terdapat gear kecil yang menyambung langsung kebagian mesin. Lepaskan semua baut yang menempel pada gear tersebut.
 Lepaskan Cover Pelindung Gear yang terhubung langsung dengan mesin/Foto/Carmudi Indonesia/Ben

4. Setelah bagian depan selesai, kembali lagi kebagian belakang. Posisi gear masih menempel pada roda, jangan lupa lepas juga pelindung rantai (biasanya berbentuk plat tipis). Baru kamu bisa melepaskan semua baut yang menempel di gear motor kamu.


5.Bila sudah semua kamu lakukan, sekarang waktunya tinggal memasang gear set baru yang sudah Anda siapkan.

Jangan lupa urutan atau letak baut pasang secara benar sesuai peruntukannya. Agar lebih memudahkan bila Anda pertama kali melakukan ini, ambil kertas putih letakkan baut yang dilepas sesuai urutannya.

Jangan lupa setelah terpasang semuanya gear dan rantai jangan lupa menyetel kekencangan rantai. Untuk penyetelan rantai, usahakan rantai jangan terlalu kendor atau kecang.
Samakan setelan baut rantai, dimana ada patokan garis di sebelah kanan dan kiri. Keduanya harus sama peletakannya bila tidak posisi gear akan miring, ini yang menyebabkan gear dan rantai cepat aus.



Disqus Comments